5 Kebiasaan Yang bikin Uang Cepat Habis


5 Kebiasaan Yang bikin Uang Cepat Habis

Percuma mati-matian cari uang kalau hidup di dalam kebiasaan yang buruk secara keuangan. Justru membuat tidak maju dan makin terpuruk. Merencanakan keuangan dengan baik berarti rela meninggalkan seluruh kebiasaan yang menguras keuangan. Perlunya disadari demi kemajuan keuangan yang lebih baik. Berikut ini 5 kebiasaan tersebut.


1. Internetan#
Aktivitas internetan sudah menjadi candu kebiasaan banyak orang hari ini. Selain menguras energi juga biaya yang besar. Orang akan rela berjam-jam di kamar seharian. Waktu, energi, biaya habis untuk nonton YouTube dan tiktok sepanjang hari. Tidak masalah jika kita dapat penghasilan dari aktivitas internetan, tapi kalau cuma ikutin berita seleb, nonton sekedar hiburan yang berlebihan justru tidak ada gunanya. Buang-buang uang saja untuk beli paket internet.


2. Merokok#
Tidak merokok mati, lebih baik merokok sampai mati. Begitulah kira-kira slogan anak muda jaman sekarang. Kebiasaan merokok selain berdampak buruk pada kesehatan juga buruk pada keuangan. Harga rokok yang kian mahal tidak terlalu dirisaukan bagi pecandunya bahkan sudah menembus 32ribu per bungkus untuk rokok kelas populer. Seandainya uang rokok digunakan untuk kebutuhan keluarga atau ditabung mungkin sudah sejahtera. Ada keluarga yang kehidupannya susah, malah si suami pecandu rokok dan berpengaruh sekali terhadap kondisi kesehariannya, beras kurang, sayur dan lauk sering tak ada, tapi rokok berbungkus-bungkus harus ada. Katanya merokok adalah hiburan, padahal faktanya menjadi kebiasaan kebutuhan yang buruk, sudah seharusnya ditinggalkan. Tanpa merokok juga hidup terasa sangat bahagia seperti saya yang tidak merokok ini.


3. NgeMall#
NgeMall sudah menjadi kegiatan wisata yang digemari kaum ibu-ibu dan gadis. Di sini kepenatan bisa tergantikan dengan kelegaan karena banyak barang baru, diskonan,dll. Tetapi NgeMall akan jadi masalah jika terus-menerus diprioritaskan sebagai kebiasaan karena sangat mengganggu perencanaan keuangan yang dimiliki. Kalau tiap hari ke Mall pasti terjadi pengeluaran yang entah berapa banyak dan itu terus terjadi. Oleh karena itu, kegiatan NgeMall mungkin perlu direncanakan menyesuaikan rencana keuangan keluarga yang baik.

4. NgeMil#
Menikmati jajanan merupakan kebiasaan yang mengasyikkan walaupun sangat berpengaruh juga terhadap kondisi keuangan. Jajanan kadang bersifat wajib saat jalan-jalan atau saat santai bersama keluarga. Di kota besar jajanan di street food sangat banyak yang menggiurkan selera. Jika tidak memperhatikan urusan jajanan akan menguras kantong keuangan kita. Belanja jajanan tidak masalah bila sekali-kali, tapi jika terlalu sering merusak rencana keuangan keluarga, belum lagi soal kebersihan jajanan yang tidak terjamin. Perlu jeli untuk memilih jajanan agar tidak menimbulkan penyakit di kemudian hari.

5. NgengNgeng#
Berpatroli dengan motor atau mobil memang sungguh menyenangkan, tapi bila sering dilakukan tanpa tujuan terkesan pemborosan bahan bakar. Apalagi sekarang BBM makin mahal tentu saja menguras keuangan kita. Jangan terlalu manjakan diri dengan berkendaraan sehingga walaupun jarak tempuh pendek bukannya jalan kaki, malah memakai kendaraan. Jalan kaki juga sangat menyehatkan dibandingkan memakai kendaraan terus menerus.

Author/Editor: Adiansyah

Posting Komentar untuk "5 Kebiasaan Yang bikin Uang Cepat Habis "